Siapa tak mengenal Ibu Kartini? Sosok perempuan yang telah berjasa mengenalkan aksara pada kaumnya  sehingga mampu menempatkan posisi yang sama antara laki-laki dan perempuan dalam menuntut ilmu. Tentu saja tak hanya itu, ibu kartini juga memiliki serangkaian pribadi menarik lainnya yang patut diteladani.

Sehari sebelum tanggal 21 April 2018, MTs Surya Buana Malang mengadakan acara peringatan hari Kartini bertema Pribadi Kartini Pribadi Kita Semua. OSIS mengemukakan, tema ini dipilih agar seluruh partisipan dapat menumbuhkan sifat-sifat Ibu Kartini melalui serangkaian acara yang diadakan kemarin.

Butuh waktu sekitar seminggu untuk mempersiapkan acara ini. Terdapat beberapa acara untuk mengisi peringatan hari Kartini, yaitu lomba bubble sumpit, estafet gagasan, cipta baca puisi, kreasi rujak, bazar tradisional, kerupuk variasi, dan mystery box. Setiap kelas wajib mengirimkan delegasinya pada setiap lomba. Acara ini berlangsung seru. Tak lupa, seluruh warga MTs Surya Buana turut mendukung acara ini dengan menggunakan baju adat atau nasional pada hari tersebut. Bukan tanpa sebab, penggunaan baju adat atau nasional ini dilombakan. Pada akhir acara, Osel (siswa 7B) dan Davana (siswa 8D) dinobatkan sebagai siswa dengan pakaian adat atau nasional terbaik. Wah, selamat yaa! (FUR)