Setelah dilanda pandemi lebih dari satu setengah tahun dan harus melaksanakan pembelajaran secara daring, kini lembaga pendidikan mulai bisa bernapas lega. Pasalnya semester dua tahun pelajaran 2021-2022 sudah mulai memasuki pembelajaran normal. Tak hanya pembelajaran di sekolah, berbagai event perlombaan akademik maupun non-akademik juga mulai diselenggarakan kembali secara luring.

Hal tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh para siswa MATSASURBA. Mereka aktif mengikuti berbagai perlombaan yang digelar secara daring maupun luring. Di bidang akademik, tiga siswa yang didelegasikan untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional telah mempersiapkan diri. Mereka adalah Asya Aisyah (IPA), Talitha Asdariatiffany (Matematika), dan Syailendra Safira Alfada Putri (IPS). Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang juga mengadakan seleksi bersama tingkat kota yang bertempat di MTsN 1 Malang. Siswa yang masuk dalam 15 besar mendapatkan bimbingan intensif bersama di SMP 13 Kota Malang. Siswa MATSASURBA yang berhasil lolos di 15 besar adalah Syailendra Safira. Namun, OSN 2022 tingkat provinsi tetap bisa diikuti oleh seluruh siswa yang telah didelegasikan oleh sekolah atau madrasah. Selain OSN, banyak olimpiade yang diselenggarakan secara daring. Aurelia Nindya Cahya berhasil menyabet medali emas dan perak dalam ajang National Science Student Competition (NSSC), Olimpiade Sains Nasional Coconotes Olympiad 2022, dan Olimpiade Sains dan Statistika Nasional YAPRESINDO 2022.

Sementara itu, di bidang non-akademik, siswa MATSASURBA juga berhasil menyabet medali di beberapa kejuaraan. Di event nasional yang diselenggarakan oleh Perserosi Lumajang, Reihan Gangsar membawa medali perak di bidang Team Relay Mahameru Open Roller Skate Competition 2022. Kejuaraan tersebut diselenggarakan di Wisata Tambu Raya Idaman Pasirian pada tanggal 5 Maret 2022. Selain cabang sepatu roda, siswa MATSASURBA juga menorehkan prestasi di cabang karate. Prestasi ini diraih oleh Callysta Az Zahra Wahyudi pada Kejuaraan Karate Piala Kadisporapar Kota Malang 2022. Dalam kejuaraan tersebut, Callysta memboyong dua piala, yakni juara 2 kategori Kata Perorangan dan juara 2 kategori Kata Beregu.

Prestasi-prestasi yang dikantongi oleh siswa MATSASURBA ini tentunya merupakan sebuah hal yang membanggakan, baik untuk siswa yang bersangkutan maupun untuk sekolah. Selain itu, hal ini juga diharapkan dapat menjadi pemantik minat dan motivasi siswa lain untuk terus berusaha mengasah kemampuan mereka baik di bidang akademik maupun non-akademik. (R)

?>