Sambil menyelam minum air. Peribahasa itu rupanya cocok untuk mendeskripsikan para siswa MATSASURBA yang tergabung dalam bakat minat Public Speaking dan Jurnalistik. Pasalnya, mereka bisa refreshing  di luar rumah bersamsa teman-teman sekaligus menuntaskan tugas kegiatan bakat minat. Di semester ini, kegiatan yang dirancang oleh Ibu Khurin Wardani Fitroti dan Ibu Fika Aghnia Rahma selaku pembina bakmin tersebut adalah melakukan liputan di luar rumah. Kegiatan ini dilaksanakan secara berkelompok dan tentunya dengan izin orang tua.

Melihat betapa maraknya kafe dan rumah makan di Kota Malang, pembina memutuskan bahwa objek yang dijadikan sasaran ialah kafe dan rumah makan. Ditambah dengan hobi anak muda masa kini, yakni nongkrong, kegiatan ini lantas membuat para siswa antusias untuk melaksanakannya. Tidak ada batasan kafe atau rumah makan mana yang dituju, asalkan izin dari orang tua sudah dikantongi, Ibu Khurin dan Ibu Fika bersedia mendampingi selama liputan.

Sebelum terjun ke lapangan, para siswa Public Speaking dan Jurnalistik mendapatkan arahan dari pembina. Dimulai dari Ibu Fika yang mengenalkan pengalamannya menjadi penulis lepas di salah satu koran, membimbing siswa untuk menyusun pertanyaan wawancara, sampai pada tata cara melakukan wawancara dan liputan oleh Bu Khurin. Produk akhir yang diharapkan dari kegiatan ini ialah siswa dapat menghasilkan satu video liputan dan satu artikel dari hasil wawancara mereka. Tidak hanya itu, dari kegiatan ini, yang terpenting adalah mengasah kemampuan mereka dalam bersosialisasi, berbicara di depan umum, menulis, dan menumbuhkembangkan rasa percaya diri.

Sampai pada saat ini, sudah ada tiga kelompok yang melaksanakan liputan di kafe yang berbeda. Kelompok satu digawangi oleh para siswi kelas 7, Sabrina Izzati Gandhitya, Asyifa Indah Safira, dan Maura Azzahra Secilia Putri. Kelompok dua juga terdiri atas siswi kelas 7, yakni Syailendra Safira Alfada Putri, Kholifaturohmah, Aqila Fathiha Nasya, dan Berlianadia Syafa Kamila. Sementara itu, kelompok ketiga beranggotakan siswi kelas 8, yakni Salsa Toyyiba dan Karina Feyruz Chaliza Hidayat.

Selama liputan, para siswa mendapatkan pujian dari narasumber yang mereka wawancarai. “Saya suka kalau melihat anak-anak remaja aktif seperti mereka ini. Berani dan penuh percaya diri,” ujar sang marketing di salah satu kafe. Kini, para jurnalis remaja ini tengah memoles artikel dan vlog mereka untuk nantinya ditayangkan dan ditanggapi pada kegiatan bakat minat Public Speaking dan Jurnalistik selanjutnya. (R)