Iduladha menjadi momen khidmat yang diperingati oleh umat Islam selama satu tahun sekali. Iduladha diperingati dengan dilaksanakannya penyembelihan hewan kurban, seperti sapi maupun kambing. Hari raya Iduladha bermula ketika Nabi Ibrahim melalui mimpi diperintah oleh Allah SWT untuk menyembelih putranya, yakni Nabi Ismail. Karena ketaatan Nabi Ibrahim, beliau pun melaksanakan perintah Allah SWT. Saat akan disembelih, Allah mengganti Nabi Ismail dengan hewan kurban. Bermula dari peristiwa tersebut, Hari Raya Iduladha diperingati dengan penyembelihan hewan kurban sebagai wujud ketaatan kepada Allah SWT.

Perguruan Surya Buana memperingati hari raya Iduladha 1443 H dengan melaksanakan salat Iduladha dan penyembelihan hewan kurban. Guru dan karyawan Perguruan Surya Buana mengikuti salat Iduladha di halaman Kampus 4 Surya Buana pukul 06.10 dengan Dr. H. Moh. Wahib Dariyadi, M.Pd. sebagai imam dan khotib salat.

Khutbah yang disampaikan begitu bermakna. Terdapat nilai pendidikan anak yang disampaikan, yakni ketika Nabi Ibrahim perintah dari Allah melalui mimpi untuk menyembelih Nabi Ismail, beliau  tidak serta merta mendikte putranya, teapi mengajak putranya berdialog dan menanyakan pendapat kepada Nabi Ismail tentang mimpinya tersebut. Kemudian putranya menjawab apabila memang itu perintah dari Allah maka ia meminta ayahnya melaksanakannya. Peristiwa tersebut sebagai ujian iman Nabi Ibrahim karena Nabi Ismail sebagai anak yang ditunggu-tunggu dalam waktu yang lama. Pada khutbah disampaikan pula bahwa hari Tarwiyah diperingati sebagai perenungan ketika Nabi Ibrahim bermimpi diperintah oleh Allah yang disuruh menyembelih putranya dan merasakan kegundahan yang sangat. Lalu hari Arafah diperingati bahwa perintah melalui mimpi  itu benar-benar perintah dari Allah.

Setelah melaksanakan salat, guru dan karyawan bersiap untuk mengikuti kegiatan penyembelihan hewan kurban. Ada tiga sapi dan enam kambing yang akan disembelih pada tahun ini. Hewan kurban tersebut dari guru, karyawan, pengurus, dan wali murid Perguruan Surya Buana. Pada kegiatan penyembelihan, ada sie kepanitiaan yang mengemban tugas masing-masing, di antaranya sie perlengkapan dan penyembelihan, penyucian daging hewan kurban, pemotongan dan penimbangan, pembagian daging kurban, dan lainnya.

Hewan kurban yang telah disembelih tersebut dibagikan kepada warga sekitar, guru KB/TK, SDI, MTs, SMA, dan karyawan Surya Buana. Beberapa bagian daging kambing ada yang dimasak sate, dan sapi dimasak gule.

Peringatan Iduladha yang dimulai dari pelaksanaan salat Iduladha, penyembelihan, hingga pembagian hewan kurban berjalan dengan lancar karena para guru juga bekerja sama satu lain dalam kegiatan. Harapannya dengan diperingatinya momen Iduladha pada tahun ini dapat lebih meningkatkan ketaatan kita kepada Sang Pencipta. (Fik)

?>