Libur semester genap sudah akan berakhir. Kegiatan belajar mengajar akan kembali dilaksanakan kembali secara luring mulai Senin, 18 Juli 2022. Peserta didik yang telah lulus dari jenjang akhir satuan pendidikan akan melanjutkan ke tingkat selanjutnya. Tentunya mereka akan penuh semangat memasuki sekolah baru. Setiap sekolah pun tentu saja mempersiapkan rencana untuk kegiatan belajar mengajar ke depan.

Dalam rangka mempersiapkan kegiatan pembelajaran tahun pelajaran 2022‒2023, MTs Surya Buana menyelenggarakan kegiatan workshop dan rapat kerja. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 11‒15 Juli 2022. Kegiatan yang dimulai pada hari Senin di Musala MTs Surya Buana tersebut dibuka dengan membaca ikrar, ayat suci alquran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan mars Surya Buana. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan pembinaan oleh Dra. Hj. Sri Istuti Mamik, M.Ag.

Acara selanjutnya, yakni pelaksanaan workshop dan rapat kerja yang bertempat di kelas 8C MTs Surya Buana. Topik materi pertama ialah tentang arah kebijakan pembelajaran tahun 2022‒2023 yang diisi oleh Akhmad Riyadi, S.Si., S.Pd., M.Pd., kepala madrasah. Selanjutnya disampaikan materi program kesiswaan yang disampaikan tim kesiswaan mencakup berbagai program kegiatan di sekolah yang akan dilaksanakan selama satu tahun ke depan.

Pada hari kedua, kegiatan diawali dengan penyampaian materi program kurikulum oleh tim kurikulum. Pada sesi ini disampaikan pembagian kelas siswa, wali kelas, serta jam pembelajaran para guru. Lalu dilanjutkan dengan diskusi projek integrasi oleh semua peserta workshop. Projek integrasi dikelompokkan menjadi empat sub mata pelajaran, yakni sains, bahasa, sosial, dan agama di mana pada tiap rumpun mata pelajaran telah dibagi kelompok guru yang membahas rancangan projek integrasi ke depan. Semua peserta workshop menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik (LKPD), serta rubrik penilaian projek integrasi.

Kegiatan masih berlanjut hingga hari ketiga yang diawali dengan materi kesehatan Yayasan Bahana Cita Persada Malang (YBCPM) yang diisi oleh Elis Kurniati, S.H., M.Pd., selaku dierktur kesehatan YBCPM. Pada materi tersebut dipaparkan tentang program BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan. Setelah materi kesehatan selesai, kegiatan selanjutnya yakni presentasi dokumen perencanaan projek integrasi yang telah dirancang pada hari sebelumnya. Setiap kelompok sub mata pelajaran menyampaikan projeknya masing-masing dengan perwakilan pada tiap jenjang kelas 7, 8, dan 9. Presentasi diawali dengan rumpun mata pelajaran sains, bahasa, sosial, lalu agama. Kegiatan pada hari ketiga diakhiri dengan evaluasi diri madrasah (EDM).

Seluruh peserta workshop masih semangat hingga hari keempat. Pada hari keempat, peserta workshop menyimak materi penyusunan perencanaan pembelajaran dan dilanjut dengan praktik penyusunan dokumen perencanaan pembelajaran. Para guru fokus menyiapkan rencana pekan efektif (RPE), program tahunan (prota), program semester (promes), silabus, dan perangkat lainnya. Para guru diberi tenggat waktu sampai tanggal 22 Juli 2022 untuk menyelesaikan dokumen tersebut karena butuh perencanaan yang matang supaya dapat diterapkan dengan baik di dalam kelas. Setelah selesai dokumen tersebut akan dicetak sebagai pegangan guru dalam pembelajaran.

Hari Jumat, 15 Juli 2022 menjadi puncak kegiatan di mana dilaksanakan sosialisasi program madrasah kepada orang tua siswa tahun pelajaran 2022-2023. Sosialisasi kelas 7 diisi oleh Akhmad Riyadi, S.Si., S.Pd., M.Pd. Untuk kelas 8 dan 9 sosialisasi disampaikan oleh wali kelas secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Sosialisasi tersebut tentunya untuk memberikan penguatan kembali kepada orang tua siswa terkait program kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun pelajaran mendatang.

Melalui kegiatan workshop dan rapat kerja untuk menyambut tahun pelajaran 2022‒2023 ini, diharapkan Bapak Ibu guru lebih memiliki perencanaan yang matang untuk pembelajaran dan dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan baik. (Fik)