MATSAMA (Masa Taaruf Siswa Madrasah) merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah di bawah naungan Kemenag pada awal tahun pembelajaran baru. Kegiatan ini bertujuan untuk menyambut siswa baru serta mengenalkan lingkungan sekolah dan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Para siswa dibekali materi selama beberapa hari di awal masuk sekolah setelah libur panjang. Sebelumnya Matsama ini kerap dikenal dengan istilah MOS (Masa Orientasi Sekolah).

Matsasurba melaksanakan kegiatan Matsama selama tiga hari mulai dari tanggal 18‒20 Juli 2022. Kegiatan Matsama hari pertama berjalan dengan lancar dan tertib. Para siswa hadir ke sekolah pukul 06.45 kemudian mereka melaksanakan murojaah hafalan, salat duha, dan menyimak cerita inspiratif yang diisi oleh pak Riyadi. Dengan menyimak cerita inspiratif, diharapkan para siswa dapat meneladani dan mengambil hikmah dari sosok tokoh yang diceritakan. Selanjutnya, upacara pembukaan MATSAMA (Masa Taaruf Siswa Madrasah) dilaksanakan pukul 08.00‒09.30. Para siswa diberikan waktu istirahat selama 30 menit. Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dan pembinaan wali kelas serta pembentukan struktur kelas. Setelah itu para siswa mengaji dan salat zuhur berjamaah, Senin(18/7/2022)

Pada kegiatan MATSAMA hari kedua, para siswa masih tampak semangat dan ceria mengikuti kegiatan MATSAMA. Para siswa melaksanakan placement test untuk pengelompokan kelas UMMI. Setelah itu mereka berkumpul di musala untuk menyimak materi. Materi pertama diisi oleh Bapak Akhmad Riyadi, S.Si., S.Pd., M.Pd. Para siswa tampak antusias karena Pak Riyadi mengajak mereka melantunkan yel-yel "Matsasurba Islamic Fullday School". Kemudian anak-anak diminta maju ke depan secara berkelompok berjumlah empat orang untuk menampilkan yel-yel. Selanjutnya disampaikan materi tentang sejarah Surya Buana dan prestasi Matsasurba. Materi kedua ialah tentang bahaya zat adiktif yang disampaikan oleh kepolisian supaya anak-anak dapat lebih mawas diri. Materi ketiga, yakni sosialisasi jadwal pelajaran yang diiisi Ibu Novi Ayu Lestari N., S.Pd., M.Pd. Materi keempat, yaitu sosialisasi kegiatan dan tata tertib sekolah oleh Ibu Khurin Wardani Fitroti, S.Pd. Kemudian taaruf pengurus OSIS, PMR, dan Pramuka Matsasurba supaya anak-anak memiliki gambaran tentang organisasi yang akan mereka pilih nantinya. Meskipun kegiatan pada hari kedua cukup padat, namun anak-anak masih tetap semangat sampai pulang sekolah.

Kegiatan MATSAMA pada hari ketiga berjalan dengan seru dan meriah. Setelah mengaji, salat duha, menyimak CIP, dan tilawah UMMI, para siswa kelas 7 berkumpul di musala untuk menyaksikan demo bakat minat dan ekskul yang diisi oleh tim kesiswaan dan pengurus organisasi. Ekskul pramuka menampilkan step dance dengan formasi yang luar biasa, sementara ekskul PMR menampilkan drama tentang pertolongan pertama yang tak kalah menarik. Selanjutnya para siswa menyimak materi tentang bela negara dan dilanjutkan dengan materi melawan perisakan di sekolah yang diisi oleh Ibu Iis Yugi Manuningsih, S.Pd., selaku guru BK. Kemudian pukul 14.00, yakni kegiatan penutupan Matsama. Kegiatan Matsama yang berlangsung selama tiga hari berjalan dengan penuh makna. Semoga para siswa dapat mengikuti pembelajaran degan lancar dan semangat.