Tahun baru Hijriah menjadi momen yang diperingati umat islam selama satu tahun sekali setiap 1 Muharam. Tahun Baru Hijriah atau Tahun Baru Islam merupakan salah satu hari penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah.

 Dalam rangka memperingati tahun baru hijriah 1444 H, MTs Surya Buana menyelenggarakan beberapa kegiatan lomba, di antaranya lomba pawai syiar muharam, lomba tausiah, lomba azan, lomba tahfiz dan tafhim ayat pilihan, lomba cerdas cermat, dan lomba twibbon. Tema yang diusung pada tahun ini, yakni semangat tahun baru hijriah, memperkuat iman memperdalam ilmu.

Pada hari Jumat, 29 Juli 2022, Seluruh siswa Matsasurba turut mengikuti kegiatan lomba. Sebelum masuk kegiatan lomba, para siswa melaksanakan upacara di musala terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan lomba pertama, yakni lomba pawai syiar muharam. Setiap kelas berbaris dan diarahkan menuju halaman depan Matsasurba dengan didampingi wali kelas masing-masing. Setiap kelas menampilkan yel-yel andalannya.  Menariknya lagi, kostum dan aksesori yang dikenakan para siswa sangat unik dan bervariasi. Ada yang mengenakan sorban, sarung, mahkota bunga, mahkota kertas, dan kaca mata hitam. Selain itu, ada juga yang membawa papan bertuliskan slogan tahun baru Hijriah. Setiap kelas menyuguhkan penampilan terbaiknya dengan kompak.

Setelah menampilkan yel-yel, dilanjutkan dengan pawai keliling melalui rute pos yang telah ditentukan. Rutenya pun tidak terlalu jauh. Terdapat 4 pos yang akan dilalui siswa. Setiap pos dijaga oleh bapak ibu guru dan anggota OSIS. Para siswa pun mendapatkan kupon voucher doorprize yang akan diumumkan di penghujung acara. Setelah melakukan pawai keliling, para siswa kembali ke titik awal, yakni Matsasurba. Mereka berbaris dengan rapi lalu menuju ke musala untuk mengikuti berbagai kegiatan lomba.

Lomba tausiah bertempat di kelas 7B dengan pak Farih, bu Ratna, dan bu Dewi sebagai juri lomba. Selanjutnya sesi final dilaksanakan di musala dan disaksikan oleh para siswa Matsasurba. Setiap kelas mengajukan perwakilan satu siswa. Terdapat tiga juara yang dipilih dari semua peserta. Juara lomba tausiah kali ini sebagai berikut.

Juara 1: Salsa Toyyiba (Kelas 9E)

Juara 2: Kholifaturrohmah (Kelas 8D)

Juara 3: Sabrina Izzati Ghanditya (Kelas 8C)

Selanjutnya terdapat lomba azan yang diikuti oleh siswa putra yang bertempat di kelas 8A dengan pak Fatih dan pak Wiqoyil sebagai juri lomba. Setiap kelas mengajukan perwakilan satu siswa. Terdapat tiga juara yang dipilih dari semua peserta. Juara lomba azan kali ini sebagai berikut.

Juara 1: Imam Jami Salasila (9B)

Juara 2: David Hudan (8A)

Juara 3: Muhammad Haidar Rofi' (7A)

Lomba tahfiz dan tafhim ayat pilihan bertempat di kelas 7A dengan pak Mabrur dan bu Khurin sebagai juri lomba. Setiap kelas mengajukan perwakilan satu siswa. Terdapat tiga juara yang dipilih dari semua peserta. Juara Lomba Tahfiz dan Tafhim kali ini sebagai berikut.

Juara 1: Faliqul Adyan (9A)

Juara 2: Muhammad Rasyid (9B)

Juara 3: Rizka Ayu Perdana (9C)

Lomba Cerdas Cermat bertempat di musala Matsasurba dengan bu Elyta, bu Novi dan bu Iis sebagai juri lomba. Setiap kelas per angkatan mengajukan perwakilan 10 anak. Lalu tiap angkatan diadu kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal. Cerdas cermat ini menggunakan sistem gugur sehingga tiap kelas diambil tiga siswa dengan skor tertinggi untuk maju ke babak final angkatan. Selanjutnya kelas yang lolos final pada tiap angkatan akan difinalkan lagi dengan semua angkatan.

Terdapat tiga juara yang dipilih dari semua kelas. Juara Lomba Cerdas Cermat kali ini sebagai berikut.

Juara 1: Kelas 8C

Juara 2: Kelas 9E

Juara 3: Kelas 7A

 Lomba Twibbon dilaksanakan secara daring. Para siswa mengunggah twibbon di instagram masing-masing dengan bu Nina, bu Mifta, dan bu Emi sebagai juri lomba. Terdapat tiga juara yang dipilih dari semua kelas. Juara Lomba Twibbon kali ini sebagai berikut.

Juara 1: Nikita Aulia Faradita (9C)

Juara 2: Sholihatul Ma'rifah (9E)

Juara 3: Asya Aisyah (8D)

Setelah semua lomba selesai dilaksanakan, pengumuman juara lomba diumumkan pada hari itu juga dan diselingi pembagian doorprize Muharam dengan Salsa Toyyiba dan Callysta sebagai  MC. Para siswa tampak antusias saat nama perwakilan kelas mereka memenangkan lomba. Para siswa yang memperoleh doorprize juga tampak maju dengan bangga.

Dengan dilaksanakannya kegiatan lomba ini, diharapkan semua siswa dapat terus meningkatkam kempuan dan kreativitasnya ke depan. Kemudian dengan diperingatinya tahun baru hijriah ini dapat membawa kita semua ke arah yang lebih baik lagi. (Fik)