Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus tepat tiga hari sebelum hari kemerdekaan Indonesia. Pramuka merupakan singkatan dari Praja muda Karana yang bermakna Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Hari pramuka dicetuskan oleh Robert Baden-Powell seorang pendiri gerakan kepanduan.

Dalam rangka memperingati hari Pramuka, Matsasurba melaksanakan kegiatan upacara bertempat di musala MTs Surya Buana. Upacara diikuti oleh seluruh guru dan siswa Matsasurba dan dipimpin oleh Roid Akbar siswa kelas 9. Dalam upacara ini Pak Soleh menyampaikan makna lambang pramuka, yakni tunas kelapa di mana melalui lambang ini, terdapat cita-cita dan harapan untuk para anggota pramuka.

Pada lambang pramuka, terdapat lambang buah kelapa. Ketika buah kelapa tengah bertunas, maka buah itu biasa disebut dengan cikal. Cikal ini bermakna sebagai yang pertama dalam meneruskan generasi ke depan. Selanjutnya, kelapa memiliki makna daya tahan hidup yang kuat sebab buah kelapa dapat bertahan dalam keadaan apa pun.

Selanjutnya, setelah para siswa selesai melaksanakan upacara peringatan hari Pramuka, anggota inti pramuka mengunjungi makam almarhum Abah Djalil Zuhri untuk mengenang perjuangan beliau sebagai salah satu tokoh pramuka di Surya Buana.

Harapan ke depannya, para anggota pramuka dapat lebih meningkatkan jiwa solidaritasnya serta menumbuhkan rasa semangat kebangsaan yang tinggi. (Fik)