Darling ialah singkatan dari Tadarus keliling yang merupakan salah satu program unggulan MTs Surya Buana. Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh siswa MTs Surya Buana. Kegiatan ini bertujuan supaya seluruh siswa Matsasurba dapat membiasakan diri untuk membaca alquran serta dapat mengkhatamkan alquran bersama-sama.

Pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023, Matsasurba kembali melaksanakan kegiatan Darling di bulan Agustus. Kelas 7A, 8C, dan 9A mengawali kegiatan Darling pada dua pekan terakhir di bulan Agustus tepatnya tanggal 28 Agustus 2022. Kelas 7A dan 9A adalah kelas putra, sementara kelas 8C adalah kelas putri.

Kelas 7A dengan Bu Elyta sebagai wali kelasnya melaksanakan kegiatan Darling bertempat di rumah ananda Chieldanaifa Danish, kelas 8C dengan Bu Zidna sebagai wali kelasnya bertempat di rumah ananda Syailendra Safira di daerah Rebo Tengah, sementara kelas 9A dengan Pak Rafi sebagai wali kelasnya bertempat di rumah ananda Anfa’u. Bapak Akhmad Riyadi kepala MTs Surya Buana pun turut mendampingi kegiatan Darling pertama di semester ganjil ini.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Bapak Riyadi dan tuan rumah. Selanjutnya para siswa melaksanakan kegiatan khotmil quran. Dari 30 juz alquran, para siswa dibagi untuk membaca masing-masing siswa 1 juz sehingga dapat mengkhatamkan 30 juz bersama-sama. Mereka tampak fokus membaca bagian juz masing-masing. Alhamdulillah kurang lebih satu jam setengah, kegiatan khotmil quran dapat selesai dilaksanakan. Setelah itu para siswa membaca doa khatam quran. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah yang telah disediakan tuan rumah.

Dengan dilaksanakannya kegiatan Darling ini dapat lebih merekatkan silaturahmi antarsiswa dan mendekatkan siswa dengan Alquran.