Maulid Nabi Muhammad saw diperingati setiap tahun oleh umat Islam. Maulid Nabi Muhammad saw merupakan sebuah peringatan hari lahir Nabi Muhammad saw yang jatuh setiap tanggal 12 Rabiulawal dalam penanggalan tahun hijriah. Pada momen Peringatan Maulid Nabi tahun 2023 ini, MTs Surya Buana menyelenggarakan berbagai kegiatan lomba yang menarik dan bernuansa Islami yang terdiri dari lomba dai, lomba praktik salat berjamaah, dan lomba tahfiz dan tafhim, Jumat (29/9/2023).

Siswa masuk seperti biasa pukul 06.45, kemudian melaksanakan salat duha berjamaah dan mengaji. Setelah itu, mereka mengikuti kegiatan pembinaan wali kelas dan memakan kue bersama-sama. Menariknya, ada salah satu kelas yang meletakkan kue-kue yang telah dibawa dan dikumpulkan menjadi satu di atas meja, lalu semua siswa bisa saling mencicipi kue yang dibawa temannya yang lain. Hal itu semakin memperkuat jalinan kekeluargaan antarteman di dalam kelas.

Pukul 08.15 para siswa beranjak menuju aula MTs Surya Buana untuk mengikuti acara pembukaan. Bapak Akhmad Riyadi selaku kepala madrasah memberikan sambutan sekaligus menyampaikan mauizatul hasanah tentang maulid Nabi Muhammad saw. Para siswa tampak menyimak dengan takzim. Selanjutnya, mereka istirahat dan persiapan lomba.

Lomba pertama yang dilaksanakan ialah lomba praktik salat berjamaah dan lomba dai. Lomba praktik salat berjamaah bagi siswa putra dilaksanakan di kelas 7D dengan Ibu Dewi, Bapak Farih, dan Ibu Jihan sebagai jurinya, sementara siswa putri di kelas 7C dengan Ibu Elyta, Bapak Fatih, dan Ibu Anggi sebagai juri. Peserta lomba salat berjamaah yakni seluruh siswa dalam satu kelas yang tidak mengikuti lomba lainnya. Praktik salat yang dilaksanakan ialah salat magrib. Pada rakaat pertama siswa membaca surat al-zalzalah, sedangkan pada rakaat kedua siswa membaca surat ad-duha. Dengan adanya lomba ini, para juri dapat mengamati ketepatan gerakan salat dan kefasihan bacaan salat siswa. Setelah lomba pun juri memberikan masukan dan perbaikan terkait gerakan salat yang kurang sempurna atau bacaan salat yang masih kurang tepat. Harapannya dengan adanya lomba ini siswa dapat lebih menyempurnakan gerakan salat dan bacaan mereka sehari-hari.

Lomba Dai dilaksanakan di aula MTs Surya Buana dengan Ibu Maya, Ibu Ika, dan Ibu Ratna sebagai juri. Para siswa membawakan materi dengan tema meneladan akhlak Rasulullah saw. Setiap siswa memiliki gaya pembawaannya masing-masing. Selain itu, lomba ini juga meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk tampil di depan umum.

Selanjutnya pukul 10.20-11.20 dilanjutkan dengan lomba tahfiz dan tafhim dengan Ibu Khurin, Ibu Zidna, dan Ibu Hadiya sebagai juri. Lomba ini dilaksanakan di aula MTs Surya Buana dan disaksikan oleh seluruh siswa. Setiap kelas mengajukan dua siswa. Siswa menyampaikan lantunan ayat Al-Quran, kemudian  menyampaikan isi kandungan Al-Quran. Surat yang diujikan, yakni surat Al-Mukminun 1 -’11 dan Ali Imron 133 - 138

Setelah salat Jumat dilanjutkan dengan talkshow yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Brawijaya dan dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba. Harapannya dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad saw, para siswa dapat meneladan akhlak Rasulullah saw dan menjadi pribadi yang semakin bertakwa. (Fika Aghnia Rahma)

?>