MTS Surya Buana menggelar kegiatan market day di lingkungan sekolah, Jumat (15/12/2023). Tujuannya untuk membentuk jiwa wirausaha pada siswa, belajar cara melakukan transaksi jual beli, dan belajar menentukan modal dan laba. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kelas dengan 3 delegasi siswa per kelas. Setiap kelas menyiapkan stan masing-masing pukul 08.00. Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Bapak Akhmad Riyadi selaku kepala madrasah.

Market day tahun ini memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan tahun lalu, yaitu mengusung konsep nusantara yang bertujuan agar para pedagang dan pembeli dapat mengenal kebudayaan Indonesia satu sama lain. Setiap kelas memilih satu provinsi di Indonesia sebagai tema. Setiap siswa yang menjadi delegasi lomba memakai kostum adat provinsi yang telah dipilih. Ada banyak sekali makanan dan minuman yang dijual. Selain rasanya yang lezat, tentunya makanan dan minuman tersebut dibungkus semenarik mungkin untuk menarik minat para pembeli dan pastinya dengan harga yang terjamin.

Kelas 7A mengusung tema Jawa Timur dan memberikan corak khas Jawa Timur pada stan mereka. Kebaya lurik cokelat tampak serasi dikenakan peserta. sementara kelas 7B mengusung tema Kalimantan dengan memakai aksesori khas kalimantan yang terletak pada kepala peserta. Kelas 7C mengusung tema Jawa Timur dengan memakai kebaya merah dan songket batik bermotif parang. Kelas 7D pun turut mengusung tema Jawa Timur dan memakai kebaya putih dilengkapi selendang hitam yang dikaitkan dipinggang sehingga menambah kesan keindahan, sedangkan

Kelas 8A mengusung tema Papua dengan memakai kostum serta aksesoris yang cukup lengkap dan stan market day mereka dihias sedemikian rupa sehingga menimbulkan corak khas Papua. Kelas 8B juga tak kalah menarik, siswi 8B mengusung tema Sulawesi dengan kostum khas Sulawesi berwarna biru, merah, dan kuning yang terpasang indah dan juga aksesoris kepalamenarik perhatian.

Dari kelas 8 mari pindah ke kelas 9 yang pastinya tak kalah menariknya. Kelas 9A mengusung tema Jawa Timur pula. Peserta lomba memakai kostum Jawa Timur berwarna hitam yang dilengkapi blangkon. Menariknya lagi, kelas 9A mengadakan undian doorprize berhadiah untuk para siswa-siswi serta guru yang membeli minimal Rp10.000 di stan mereka. Kelas 9B juga memakai pakaian adat Jawa Timur, yakni surjan lurik berwarna cokelat. Sementara itu, kelas terakhir kelas 9C mengusung tema Bali. Kostum yang mereka pakai pun menarik perhatian, ditambah dengan aksesoris mahkota khas Bali yang terpasang indah di kepala peserta.

Selain kostum yang mereka pakai dan stan market day yang memberi kesan nusantara, para siswa-siswi juga memberikan menu khas dari daerah yang mereka pilih. Contohnya dari kelas 7D yang memiliki menu minuman, yaitu es dawet malangan dengan rasa yang manis dan tentunya direkomendasikan bagi pecinta es dawet. Selain itu, terdapat juga minuman yang berasal dari Papua, yaitu es sunset papua yang dijual oleh kelas 8A, minuman yang terbuat dari sari jus wortel dan perasan jeruk membuat menambah kesan manis di dalamnya. Kelas 8B menjual bubur manado yang lezat dan gurih saat disantap.

Belajar wirausaha melalui kegiatan market day ternyata sangat menyenangkan, dengan tema nusantara yang diberikan membuat para siswa dapat mengenal lebih dalam corak-corak kebudayaan Indonesia. (Aulia Naysa Asyra Syakieb/Kelas 8B)

?>