Reihan Gangsar Ristantio Pamungkas, siswa MTs Surya Buana Malang berhasil menyabet Juara 2 dinomor lomba Team Relay 3.000 Meter Putra Kelompok Umur CD pada Mahameru Open Roller Skate Competition 2022, Piala Bupati Lumajang Cup II.

Ajang kompetisi tingkat Nasional ini diselenggarakan di Pasirian Kabupaten Lumajang pada tanggal 5 – 6 Maret 2022. Sebanyak 490 atlit dari seluruh penjuru Indonesia, turut serta mengikuti ajang bergengsi ini.

Reihan, sapaan akrabnya merupakan siswa kelas 7 MTs Surya Buana Malang yang dikenal berbakat bersepatu roda. Tak hanya dijadikan sebagai hobi, Reihan menjadikannya untuk mengukur kemampuannya dengan mengikuti berbagai kompetisi. Ditengah padatnya aktivitas sekolah, Reihan selalu menyempatkan diri untuk rutin berlatih. Hobi yang sudah digelutinya bahkan sejak usia 3 tahun ini tak heran membawanya sukses pada kompetisi kali ini.

Banyak manfaat yang didapat ketika mengikuti ajang kompetisi. Selain mengukur kemampuan, seorang atlit juga bisa bertemu dengan orang orang baru, bertukar pikiran dan sharing pengalaman. Seorang atlit juga akan mendapat kemudahan ketika mendaftar ke sekolah lanjutan karena kebanyakan sistem PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) sekolah membuka pendaftaran melalui jalur prestasi, baik akademik maupun non akademik. Menjadi juara adalah bonus dari usaha keras dalam berlatih. Pantang menyerah adalah modal utama. Tak lupa pula teriring doa orang tua, guru dan orang terdekat.

“Alhamdulillah, sangat senang karena perjuangan dalam berlatih sangat berat”, ucap Reihan saat ditanyai tentang kesan setelah berhasil mendapat medali.

Nyaris 2 tahun Covid-19 melanda negeri ini membuat kompetisi serupa jarang terselenggara. Sehingga rekap 3 tahun terakhir hanya 2 kompetisi yang berhasil diikuti oleh Reihan, yakni Kejuaraan Provinsi VI Sepaturoda Jawa Timur (Kejurprov) di Surabaya yang terselenggara pada tanggal 3 – 5 Desember 2021 di Lintasan Sepatu Roda Benowo, Reihan berhasil mendapat Juara 3 dinomor team Relay 3.000 Kelompok Umur CD Putra. Kompetisi kedua yakni Mahameru Open Roller Skate Competition 2022 yang baru saja berakhir. (Her)