MTs SB Juara Umum BARA PAMERA Ke-XIIKota Malang – “Tiada Hari Tanpa Prestasi”, itu yang terlihat di MTs Surya Buana (MTs SB). Untuk kali kesekian siswa madrasah tsanawiyah yang beralamatkan di JL. Gajayana IV/631 Kota Malang itu bisa membuktikan menjadi yang terbaik, setelah dinobatkan menjadi juara umum pada Lomba Bakti dan silaturrahmi Palang Merah Remaja (BARA PAMERA) XII.

Bertempat di Pangkalan TNI AD Yonif Zeni Tempur (YONZIPUR) Kepanjen Kabupaten Malang, lomba yang diadakan oleh KSR UIN Malang itu cukup bergengsi, karena diikuti oleh SMP/MTs se-Jawa Terbuka. Lomba tersebut dijadwalkan 2 hari oleh panitia, yakni 3-4 Juli 2013.
Diakibatkan faktor tempat lomba yang dibilang cukup jauh dari Kota Malang, Tim PMR MTs Surya Buana yang berjumlah 10 orang memilih berangkat tanggal 2 Juli 2013 pukul 14.00. Mereka terdiri dari Hafizah Islami Rahmadina, Krisna Arya Wicaksono, Karina Choirunnisa, Zunik Zuhroh, Annisa Ilmi M., M. Basurrah, Nuril Hidayatul Kodir, Hafidha Khansa Asih, Farah Tsabita Huda, dan Alfina Nur Isyrofi. Perjalanan menuju YONZIPUR memakan waktu kurang lebih 2 jam.  Sekitar pukul 16.00 mereka tiba ditempat lomba. Hujan masih mengguyur tempat tersebut, sehingga kegiatan memasang tenda dilakukan malam hari.
  Keesokan harinya semua peserta bersiap-siap untuk mengikuti lomba. Lomba pun dimulai. Ada beberapa jenis lomba yang dipertandingkan pada saat itu. Seperti Cerdas Cermat, DoRas, Pertolongan Pertama, Kesehatan Remaja, dan yang lainnya.
Pada lomba cerdas cermat TIM PMR MTs SB sudah menunjukkan kehebatannya, mereka berhasil mengumpulkan skor/poin sampai 500, sementara diurutan kedua skor/poinnya hanya 100. Dengan perolehan itu, semangat TIM MTs SB pun berlipat-lipat. Dilomba pertolongan pertama mereka juga bisa meraih juara 1. Total juara dari cabang yang dilombakan, MTs SB meraih 5 kejuaraan. Yakni Juara 1 Cerdas Cermat , Juara 1 DoRas, Juara 2 Pertolongan Pertama, Juara 1 Kesehatan Remaja, dan Peringkat 1 Kemandirian. Dengan demikian TIM MTs SB keluar sebagai juara Umum pada lomba tersebut. Berkat prestasinya mereka berhak membawa tropi bergilir dari gubernur jawa timur.
Mereka sangat senang dengan prestasi ini, karena di awal tahun pelajaran 2013-2014 mereka sudah bisa mempersembahkan juara umum untuk almamaternya, MTs Surya Buana. “kami sangat senang , bisa menjadi juara, dan kami harus bisa mempertahankan ini di tahun-tahun yang akan datang,” kata salah satu dari mereka.
Nuril salah satu peserta dari TIM MTs SB mengatakan bahwa prestasi yang mereka raih berkat kerjasama tim yang solid, persiapan yang matang dan semangat yang kuat untuk mempersembahkan yang terbaik “kami sangat senang, dan bersyukur kepada ALLAH SWT atas prestasi ini,” sambungnya.

Sementara kepala MTs Surya Buana yang dihubungi di tempat terpisah memberikan ucapan selamat kepada anak-anak yang sudah mempersembahkan yang terbaik. Sekolah akan memberikan penghargaan atas prestasi yang mereka raih. Tak lupa beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada, pelatih PMR dan semua pihak yang sudah membantu/bekerjasama dengan baik memajukan MTs SB. “semoga prestasi ini bisa kita pertahankan dan kita tingkatkan,” katanya. (ft/ar)