Kota Malang – Salah satu indikator keberhasilan sekolah/madrasah adalah ketika bisa mewujudkan visi misinya. Hal tersebut terlihat pada salah satu  madrasah di Kota Malang, yakni Madrasah Tsanawiyah (MTs) Surya Buana. Madrasah Tsanawiyah yang mengusung visi Unggul dalam prestasi, Terdepan dalam Inovasi, Maju dalam Kreasi, berwawasan lingkungan, beraklakul karimah, terbilang telah berhasil mewujudkan visi misinya tersebut.

Hal itu salah satunya bisa dilihat dari segudang prestasi yang sudah diraihnya, mulai tingkat kota, regional, sampai nasional. Terbaru siswa Madrasah Tsanawiyah yang beralamatkan di Jl. Gajayana IV/631, Kota Malang tersebut berhasil meraih Juara 1 dan Juara 2 Kompetesi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kota Malang.
Dalam Pedoman Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2014 disebutkan bahwa KSM diharapkan mampu memupuk motivasi siswa untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Setelah memiliki dan mengamalkan ajaran agama Islam yang kuat dan menjadi panutan bagi yang lainnya, sebagai anak bangsa yang baik dan berakhlakul karimah, diharapkan setiap siswa madrasah mampu membangun bangsa khususnya di bidang IPTEK yang semakin hari semakin tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat saat ini.
Selain itu, kompetisi ini diharapkan dapat melahirkan sumber daya manusia yang berkarakter kuat, kokoh, tahan uji dan memiliki kemampuan yang handal dibidangnya dan mampu berkreasi memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Pada kegiatan ini juga peserta dilatih dan dibiasakan untuk selalu meningkatkan daya nalar, kreativitas dan berpikir kritis serta mampu mengaplikasikannya dalam setiap langkah pengembangan ke depan. Oleh karena itu, Kompetisi Sains Madrasah merupakan salah satu wadah strategis untuk merealisasikan tujuan pendidikan.
Secara umum Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2014 bertujuan untuk peningkatkan mutu pendidikan Sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dalam ridha Allah SWT dengan kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.
Adapun jenjang dari KSM mulai dari lomba tingkat Kota/Kabupaten,  tingkat Jawa Timur, sampai tingkat Nasional. KSM tingkat Kota Malang sendiri untuk Madrasah Tsanawiyah sudah dilaksanakan pada Jumat, 20 Juni 2014. Pemenang Juara 1 bidang studi Bahasa Inggris diraih oleh A. Nahda La Roiba, Sedangkan Juara 2 bidang Bahasa Inggris diraih oleh Muhammad In'amullah Tamami. Kedua siswa tersebut berasal dari MTs Surya Buana.
Terkait KSM tingkat Kota Malang tersebut, diikuti oleh seluruh Madrasah Tsanawiyah baik negeri mapun swasta se-Kota Malang. Prestasi kedua siswa dari Madrasah yang terkenal dengan konsep Triple-R nya tersebut bisa dibilang luar biasa, pasalnya nilai yang mereka torehkan nyaris sempurna yakni 92,5 dan 90. Dengan prestasi yang diraih, mereka sangat bersyukur kepada Allah SWT. Mereka menyampaikan bahwa prestasi yang diraihnya tentunya sudah kehendak Allah SWT. “Kami hanya bisa berusaha maksimal, tentunya Allah yang menentukan hasilnya. Tapi kami yakin bahwa Allah akan memberi kepada hamba-NYA yang bersungguh-sungguh,” kata mereka kompak.
Predikat Juara 1 dan 2 akan mengantarkan mereka mewakili Kota Malang mengikuti jenjang berikutnya yakni KSM tingkat Jawa Timur. (ar)