Kegiatan Outing Class atau yang lebih kerap disebut dengan OC merupakan kegiatan pembelajaran di luar kelas yang bertujuan untuk menambah wawasan siswa dan menemukan suasana baru agar tidak jenuh di dalam kelas. Outing Class merupakan salah satu program unggulan MTs Surya Buana yang dilaksanakan dua kali dalam setahun, tepatnya satu kali dalam satu semester. Setiap kelas menentukan lokasi Outing Class masing masing yang tentunya dengan koordinasi antara wali kelas dan wali murid.

Pada tahun ini, siswa kelas 7D MTs Surya Buana melaksanakan kegiatan outing class menuju MuseumBagong dan Jawa Timur Park 1, Selasa (5/3/2024). Para siswa berkumpul di sekolah dan berangkat menggunakan mobil sekitar pukul 08.00. Perjalanan menghabiskan waktu selama satu jam. Mereka sampai di lokasi pukul 09.00. Tak lupa guru dan wali murid mendampingi siswa selama kegiatan. 

Destinasi pertama yang dikunjungi siswa adalah Museum Bagong. Sebelum memasuki Museum, para siswa dibagikan lembar kegiatan dan gelang tiket. Tak lupa mereka juga berfoto bersama dan mengabadikannya di media sosial. Para siswa  memasuki Museum Bagong dan menaiki kotak besi yang membawa mereka menuju lantai dua. Di lantai dua, mereka belajar tentang anatomi tubuh dengan didampingi pemandu yang menjelaskan materi. Ada beberapa zona yang menunjukkan bagian anggota tubuh. Menariknya lagi, zona tersebut dilengkapi alat peraga yang membuat belajar semakin menyenangkan dan lebih mudah dipahami. Zona yang dilalui para siswa, di antaranya Zona Gigi, Zona Telinga, Zona Hidung, Zona Mata, dan masih banyak lagi. 

Setelah melalui semua zona, para siswa menonton film 3D berdurasi 15 menit. Mereka diberikan kacamata khusus untuk melihat film tersebut. Setelah film selesai, mereka melangkah melewati lift menuju jalan keluar dari Museum Bagong.

Destinasi kedua yang dikunjungi para siswa, yaitu menuju Jatimpark 1. Selama perjalanan mereka juga melewati Heritage Museum dan Galeri Etnik. Tujuan yang dinanti-nanti para siswa adalah wahana permainan. Sesampainya di area wahana, mereka meletakkan tas, kemudian melesat cepat menuju wahana permainan. Para siswa tampak antusias menaiki wahana-wahana yang seru dan menantang adrenalin. Tak sedikit yang memilih bermain wahana yang cukup ekstrem, seperti staircase, enterprise ride, roller coaster. Siswa yang ingin menaiki wahana yang sederhana juga bisa menaiki wahana yang tak cukup ekstrem, seperti bom-bom car. Pada pertengahan bermain, para siswa juga menyaksikan penampilan menarik yang disuguhkan oleh kru-kru Jatimpark 1. 

Pukul 12.00 siang para siswa berkumpul untuk makan siang dan salat zuhur. Setelah itu, mereka melanjutkan menjelajah wahana permainan. Waktu terlalu cepat membawa mereka yang masih mencoba wahana lainnya. Para siswa segera berkumpul kembali untuk salat asar dan bertolak untuk pulang. 

“Kami senang sekali karena mendapatkan banyak pengetahuan dan dapat menaiki wahana-wahana yang seru,” pungkas Amira, siswa kelas 7D. (Amiratul Lathifah dan Kalila Rabbani/Kelas 7D)

?>